Saturday, June 8, 2013

Inspirasi tanpa BATAS (Road Show IDKita Kompasiana Yogyakarta)

Road swow IDKita Kompasiana di Yogyakarta yang mengusung tema internet sehat sangat inspiratif dan bermanfaat, walaupun tidak mengikuti keseluruhan rangkaian roadshow tersebut setidaknya roadswhow terkahir yang berlangsung di Fakultas Psikologi UGM mampu membuka ruang pengetahuan dan inspirasi bagi saya dan peserta lainnya.  Acara road show tersebut menghadirkan beberapa narasumber yang pakar dibidang teknologi dan informasi bapak Kalamullah Ramli, dosen psikologi UGM ibu NeilaRamdhani  dan ibu Christie Damayanti.

Road show IDKita Kompasiana merupakan road show yang memperkenalkan bagaimana memanfaatkan internet secara bijaksana agar memberi nilai tambah bagi kehidupan sehari-hari. Narasumber inspiratif ibu Christie Damayanti memaparkan bahwa dengan memanfaatkan internet secara bijaksana beliau mendapat manfaat luar biasa. Melalui internet ibu Christie bergabung dengan media warta sosial Kompasiana dan mulai aktif menulis. Menderita stroke tidak menghentikan semangat ibu Christie untuk terus menuangkan berbagai ide dalam bentuk tulisan, bahkan kegiatan ini dinilai sebagai sebuah bentuk terapi untuk memulihkan kondisi pasca stroke.

Pemaparan dengan menggunakan sudut pandang psikologi juga disampaikan oleh ibu Neila Ramdhani, beliau memaparkan bahwa kesiapan masyarakat terutama remaja menghadapi gejolak informasi mutlak menjadi tanggung jawab bersama terutama keluarga. Ibu Neila juga berharap bahwa kedepannya mahasiswa UGM yang akan melaksanakan KKN bisa bekerja sama dengan rekan IDKompasiana untuk menggalakkan internet sehat di daerah terpencil, kegiatan ini dinilai bisa membawa manfaat besar bagi warga setempat. Bahwa masyarakat juga sudah saatnya terlibat mengawali dan mengawasi pemakaian internet oleh anak mereka, tanpa harus berkoar-koar menyerahkan sepenuhnya tugas mahaberat itu kepada pemerintah saja.

Kegiatan road show ini merupakan terobosan dan langkah luar biasa yang dilakukan oleh mereka yang begitu peduli serta resah melihat bahwa perkembangan teknologi informasi begitu pesat dan jika tidak mendapat pengawalan dan pengawasan bisa memberi dampak negatif baik secara sosial maupun individu. Harapannya adalah kegiatan ini kedepannya bisa dilanjutkan, tidak hanya dipulau Jawa, di pulau lain kegiatan ini juga bisa dilaksanakan. Berharap perubahan besar terjadi merupakan tugas bersama untuk memajukan bangsa, untuk wanita yang ganas menginspirasi generasi muda dan perempuan Indonesia Christie Damayanti, semangat yang tertuang dalam tulisanmu semoga menularkan semangat serupa untuk perempuan Indonesia agar tidak melemahkan keadaan dan keterbatasan, bahwa semua hal bisa kita capai dalam hidup ini.

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapatmu?

Copyright © 2014-2015 Mimpi Kota